Implementasi Kurikulum PAI Berbasis Pedagogis

Ahmad Zacky Burhani

Abstract


Implementasi kurikulum menduduki posisi yang sangat penting dalam pendidikan, sebab implementasi kurikulum merupakan ruh dari lembaga pendidikan itu sendiri, tanpa implementasi maka lembaga pendidikan itu akan gulung tikar. Harapan yang paling fundamental dengan adanya pendidikan  Agama Islam di sekolah/madrasah adalah diharapkan lahirnya sosok-sosok yang benar-benar mampu memahami substansi agama itu sendiri sekaligus dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan dengan indikasi prilaku dan kesalehan yang nyata. Harapan tersebut akan terwujud dengan adanya peran profesional guru yang salah satunya profesional dan kompeten dalam hal pedagogis yang meliputi Pemahaman karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, social, cultural, emosional, dan intelektual, penguasaan teori dan prinsip belajar agama, pengembangan kurikulum pendidikan agama, penyelenggaraan kegiatan pengembangan pendidikan agama, pemanfaatan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan agama, pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki dalam bidang pendidikan agama.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta 2003

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta. 2008

Direktorat Pembinaan SMK “BIMTEK Revitalisasi Mutu Pelaksanaan Pembelajaran” dalam Husamah dan Yanur Setyaningrum, Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Prestasi Pustaka. Jakarta. 2013

Hari, “Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi.” Dalam Husamah dan Yanur S Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Prestasi Pustaka. Jakarta. 2013

Husamah dan Yanur S. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Prestasi Pustaka.Jakarta.2013

LPTK Rayon 206.Modul PLPG. Semarang.2013. Hal 4 -5

Mulyasa. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2004 hal. 255

Nurkholis. Kurikulum Pendidikan Islam, Jakarta, Rineka Cipta, 1983. Hal 177.

Subandijah, 1993, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta, Raja Grafindo Persada, hal. 20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.