Universitas Majalengka

UNMA Sabet Posisi Pasanggiri Jaipong

Unma.ac.id 

Pasanggiri ngandung hari saembara, salah sahiji budaya Sunda pikeun milih anu pang punjulna diantara anu sejen. Pasanggiri dina harti kiwari nyaeta lomba atawa perlombaan anu diikuti oleh banyak orang dari berbagai katagori atau cabang. 

Pasanggiri anu dimaksud didieu nyaeta Jaipong, salah sahiji kabudayaan Sunda anu bisa di pintonkeun ku lalaki Atawa awewe, Jaipong ngandung harti menyelaraskan rasa dan gerak tubuh sehingga terpancar unsur keahrmonisan yang menjadi keindahan. 

Menurut Wikipedia, Jaipong adalah sebuah jenis pergaulan tradisional masyarakat Sunda yang berasal dari wilayah Karawang dan sangat populer di Indonesia. 

Jaipong telah jadi identitas Sunda dan indentitas Indonesia. Tari yang menyerupai Jaipong banyak ditemukan di wilayah lainnya, seperti Bali, Kalimantan dan lainnya. 

Universitas Majalengka merupakan salah satu universitas yang berada di tatar Pasundan, sudah barang tentu tradisi jaipong menjadi nilai kebudayaan yang dikembangkan. Melalui perhelatan Pasanggiri Jaipong tingkat Jawa Barat, mahasiswi UNMA menyabet juara ke 3. 

Yuliana Dewi Fitriani, sosok mahasiswi yang berhasil menyabet juara 3 dalam Pasanggiri Jaipong tingkat Jawa Barat, mahasiswi ini dengan bangga mempersembahkan kemenangannya ke-Universitas Majalengka sebagai almamaternya. 

Selamat kepada Yuliana, tingkatkan prestasi, harumkan nama UNMA dikancah lokal, nasional dan internasional melalui Jaipong. Sebagai ikon Sunda, Jaipong telah memberikan warna bagi kebudayaan Indonesia yang beragam. 

 kontributor : ENCU M SYAMSUL (DOSEN)