Universitas Majalengka

Mahasiswa KKN-T UNMA di Dukuh Tengah Berkunjung ke Tempat Budidaya Ikan Lele

Sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Majalengka (UNMA), kelompok mahasiswa KKN-T Desa Dukuh Tengah bersemangat telah melakukan kunjungan edukatif ke lokasi budidaya ikan lele yang terletak di Dukuh Tengah Timur, Kec. Margasari, Kab. Tegal.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan langsung kepada mahasiswa mengenai praktik budidaya ikan lele. Kegiatan KKN-T ini membawa mahasiswa dari berbagai latar belakang ke lokasi budidaya ikan lele yang dikelola oleh petani lokal. Selama kunjungan, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk memahami seluk-beluk proses budidaya ikan lele, termasuk pemilihan bibit, pemeliharaan, pemberian pakan, dan pengendalian kualitas air.

Para mahasiswa terlibat dalam diskusi interaktif dengan petani ikan lele, di mana mereka berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang tantangan yang dihadapi dalam mengelola budidaya ikan lele, serta solusi yang telah diterapkan. Ini memberikan pandangan mendalam tentang upaya konkret yang diperlukan dalam mengembangkan sektor perikanan lokal.

Bahana Nurasyidik, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam kunjungan ini, mengungkapkan, “Kunjungan ini benar-benar mengubah pandangan saya tentang budidaya ikan lele. Saya sekarang lebih menghargai usaha petani ikan dan memahami kompleksitas di balik produksi ikan lele yang kita nikmati. Ini adalah pengalaman berharga yang akan membentuk pemahaman saya tentang pertanian dan perikanan di masa depan.”

Dengan kunjungan ini, mahasiswa KKN-T UNMA Desa Dukuh Tengah, berencana akan membuat produk yang berbahan baku Ikan Lele yang bertujuan sebagai proses pemulihan ekonomi dan ketahanan pangan.

 kontributor : MUHAMAD DENDI PURWANTO (MAHASISWA)