Universitas Majalengka

Literasi Digital Berbasis E-Learning, Upaya Meningkatkan Kreatifitas Siswa SD dan Guru

Dukuh Tengah, 24 Agustus 2023 – Literasi digital menjadi salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa sekolah dasar di era digital ini. Hal ini dikarenakan siswa akan semakin banyak berinteraksi dengan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari.  Untuk meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar, pemerintah telah menerapkan pembelajaran berbasis e-learning. Pembelajaran ini menggunakan teknologi digital sebagai media pembelajaran.  Melalui pembelajaran berbasis e-learning, siswa dapat belajar secara mandiri dan kreatif. Siswa juga dapat belajar dari sumber belajar yang lebih luas dan beragam.

 

Oleh karena itu, pembelajaran berbasis e-learning dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan literasi digital siswa sekolah dasar.

Beberapa contoh penerapan literasi digital berbasis e-learning di sekolah dasar antara lain:

Penggunaan media pembelajaran digital, seperti video, animasi, dan permainan edukasi.
Kegiatan pembelajaran yang melibatkan penggunaan internet, seperti diskusi daring dan penelitian online.
Pengembangan keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi digital, seperti pembuatan konten digital, penggunaan perangkat digital, dan keamanan digital.
Adapun harapan dari Ketua Kelompok KKN-T UNMA Dukuh Tengah, “Sebelumnya kami sangat ber terima kasih kepada kepala sekolah dan para guru yang sudah menghadiri undangan kami dan menginjinkan kami untuk melakukan pengenalan program kerja kami “., Ujar Farhan Mutaqin.

Selain itu dari ketua pelaksana Ligining Sendiri mengharapkan,”Sebelumnya saya sangat berterimakasih sudah memberikan izin kepada kami untuk menjalankan program kerja KKN-T universitas Majalengka. Yang terhormat kepada bapak Selamet. S.pd selaku kepala sekolah SDN 1 Dukuh Tengah dan jajarannya mohon maaf tidak disebutkan satu persatu. Jadi saya sebagai ketua KKn ingin menjelaskan untuk maksud dan tujuannya dari sosialisasi tersebut kita ngambil Ligining ini untuk penerapan pembelajaran menggunakan digital tujuannya untu mempermudah guru dan memberikan pembelajaran ataupun pengenalan E-learning ini kepada anak-anak biar lebih timbul rasa semangat belajar”,Ujar Abdul Rojak.

Harapan dari Kepala Sekolah terhadap kegiatan sosialisasi ini bisa membagikan pengetahuannya untuk para guru dan siswa dalam pembelajaran e-learning menggunakan platform Quizizz.

DPL : Dr. Agus Rofi’i,M.Pd

 kontributor : MUHAMAD DENDI PURWANTO (MAHASISWA)