Universitas Majalengka

Sampaikan pesan Hardiknas, Rektor Unma harap muncul generasi humanis di masa depan

Rektor Universitas Majalengka (Unma) DR. Indra Adi Budiman, menyampaikan pesan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024. Menurutnya pendidikan saat ini dihadapkan pada situasi dan kondisi pembelajaran dengan kurikulum merdeka sebagai penyertanya. 

Indra menyoroti, disisi lain dengan kurikulum merdeka kita mendapatkan kebebasan untuk memperkenalkan pendidikan di era digitalisasi yang menuntut guru untuk terlibat dalam hal-hal yang bersifat digital. 

“Dengan kurikulum merdeka kita mendapatkan kebebasan untuk memperkenalkan pendidikan di era digitalisasi yang menuntut guru untuk terlibat dalam hal-hal yang bersifat digital. Sebut saja beberapa di antaranya, yaitu pembelajaran digital, blended learning, dan lain-lain. Inilah ketersediaan yang ditawarkan oleh kurikulum merdeka,” urainya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Enok Carsinah, Senin (6/5).

“Akan tetapi, pembelajaran digital tidak akan berarti apa-apa jika kita tidak menyertakan humaniora di dalamnya. Maka bergeraklah guru untuk melaksanakan pendidikan yang bersifat humaniora, humanis, penuh kemanusiaan,” sambung Indra Adi Budiman.

Indra berharap, ke depan akan muncul generasi yang humanis, yang pernah mengenyam pendidikan digital namun juga humaniora, pendidikan digital yang berperikemanusiaan.  

“Saya yakin, dengan pendidikan yang sedang berlangsung pada saat ini, banyak hal yang harus dipelajari, banyak hal yang harus dicermati. Masih banyak yang belum mendapatkan pendidikan secara tuntas,” tegasnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Enok Carsinah, Senin (6/5). 

Indra menyebut, di luaran sana masih banyak anak-anak muda yang dengan mudahnya terjerembab ke dalam jurang degradasi. Banyak anak-anak muda yang terjerumus ke dalam dunia kenakalan. 

“Kenapa? Karena mental mereka tidak tersentuh dunia pendidikan, walaupun sebenarnya bukan saja pendidikan yang menjadi penyebabnya. Setidaknya, dengan kejadian yang ada, kita menyadari betapa mereka membutuhkan pendidikan pada akhirnya, yakni pendidikan yang berperikemanusiaan,” tandasnya.

Secara pribadi dan lembaga, Rektor Universitas Majalengka ini mengucapkan selamat kepada warga pendidikan di Indonesia, yang dengan penuh semangat merayakan Hari Pendidikan Nasional.

“Saya berharap, semoga dengan peringatan hari pendidikan nasional ini, kita diberikan semangat yang lebih oleh Allah SWT. 
Semoga kita tidak pernah surut semangat dalam berjuang memajukan pendidikan dan pembelajaran di lembaga pendidikan yang kita hadapi. Masih banyak hal yang harus kita perjuangkan di depan,” harapnya.

Sumber : Sampaikan pesan Hardiknas, Rektor Unma harap muncul generasi humanis di masa depan (elshinta.com)