Universitas Majalengka

Laboratorium Ekonomi Syariah Siapkan Layanan Tuntas dan Memuaskan

Universitas Majalengka melalui Program Studi Ekonomi Syariah hadirkan layanan perbankan syariah melalui praktik mahasiswa dengan tagleine “Layanan Tuntas dan Memuaskan”. beroprasi sejak April 2024 dan sampai sekarang telah tercatat effektif satu bulan lebih 14 hari. layanan ini sengaja di hadirkan dalam rangka mengasah minat dan bakat calon enterpreser ekonomi syariah di masa yang akan datang. 

Prodi Ekonomi Syariah menjadi salah satu prodi yang ada di lingkungan Universitas Majalengka, dengan inovasi dan kolaborasi Prodi Ekonomi Syariah terus menghadirkan layanan pembinaan sumberdaya berbasis pada nilai dan karakter yang dikembangkan melalui pengayaan soft skill dan hard skill. salah satu mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2020 bernama Wulan, beliau sangat bangga dapat menjadi bagian dari prosi ekonomi syariah, “saya dapat belajar tidak hanya di kelas tetapi prodi telah menyiapkan laboratoruim yang dapat di jadikan andalan dalam membina mahasiswa sehingga saya betah dan puas, saya bercita-cita menjadi bankir yang dapat mengembangkan ekonomi berbasis syariah di Indonesia” tandasnya. 

Ayu Gumilang Lestari, M.Esy sebagai ketua Prodi mengakui, layanan laboratorum di hadirkan dalam mempercepat pemahaman mahasiswa dalam memahami perkembangan ekonomi syariah khususnya di bidang perbankan, kita tahu bahwa perbankan syaraiah tidak baik-baik saja dalam perkembangannya tetapi sebagai akademisi dan juga prodi saya selalu melakukan inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam membentuk SDM ekonomi syariah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dimasa yang akan datang. lebih lanjut Ayu sapaan akrabnya menyampaikan, bahwa UNMA mempunyai konsen yang serius dalam mengembangkan dan menyambuk perkembangan ekonomi syariah di tengah-tengah masyarakat. 

Praktik layanan di Laboratoium Ekonomi Syariah menjadi model salah satu praktik yang dikembangkan dan dijalankan secara terbimbing melalui pengawasan yang effektif oleh dosen pembimbing mata kuliah praktik, mahasiswa yang ditugaskan diawali dengan simulasi di ruang perkuliahan dan akan berlanjut pada layanan rill di laboratorium. hal-hal yang di kembangkan dalam pembimbingan adalah: 

1. Peningkatan Kompetensi Pemahamaman transaksi syariah 

2. Peningkatan Kompetensi komunikasi mahasiswa 

3. Peningkatan kompetensi layanan nasabah

4. peningkatan kompetensi literasi keuangan syariah

5. Peningkatan kompetensi literasi transaksi syariah dan 

6. Peningkatan Kompetensi etika syariah  

laboratorium ekonomi syaraiah menjadi salah satu laboratorium yang hadir di tingkat jenjang perguruan tinggi di wilayah III Ciayu Maja Kuning, Prodi Ekonomi Syariah UNMA menjadikan laboratorim berbasis pada pembelajaran kompetensi sehingga kurikulum di bangun berdasar pada penguatan minat dan bakat mahasiwa. semoga 

 kontributor : ENCU M SYAMSUL (DOSEN)