PENGARUH MEMBACA 15 MENIT TERHADAP MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Laela Safitri, Aji Heru Muslim, Santhy Hawanti

Abstract


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan gerakan literasi sekolah (GLS) untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis siswa. Hal ini diperkuat dengan gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Gerakan Literasi Sekolah pada jenjang Sekolah Dasar dalam tahap pembiasaan yaitu membaca 15 menit buku non pelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh membaca 15 menit sebelum pembelajaran terhadap minat baca siswa Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu korelasi sederhana. Subyek penelitian siswa kelas V di SD Negeri 1 Karanglewas Lor sebanyak 42 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes. Analisis data menggunakan SPSS statistik Versi 21. Berdasarkan SK nomor 421.2/ 25/2017 Gerakan Literasi Sekolah diterapkan di SD Negeri 1 Karanglewas Lor sejak tanggal 7 januari 2018. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2019 menunjukan minat membaca siswa 16,7% berada pada kategori tinggi, 66,6% pada kategori sedang, dan  16,7% kategori rendah.

Kata kunci: Minat Membaca


Full Text:

153-157

References


Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Perss

Faradina, N. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya. 8 (6): 60-69

Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Khairuddin, Z. 2013. A Study of Students’ Reading Interest in a Second Language. International Education Studies. 11 (6):160-170

Medar, A.S., Anand, Y., dan Kenchakkavanar. 2015. Reading Habits by the Students of Karnataka Science College, Dharwad: A Study. International Research: Journal of Library & Information Science. 3(5):384-394

Medar, A.S., Anand, Y., dan Kenchakkavanar. 2015. Reading Habits by the Students of Karnataka Science College, Dharwad: A Study. International Research: Journal of Library & Information Science. 3 (5): 384-394

Musfiroh, T., & Listyorini, B. 2016. Konstruk Kompetensi Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar. LITERA. 1 (15): 1-12

Nurhadi. 2018. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara

Olasehinde, M.O., dkk. 2015. Promoting the Reading Culture towarrds Human Capital and Global Development. English Language Teaching. 6 (8): 194- 200

Robert, E. Slavin., dkk. 2017. Membaca Membuka Pintu Dunia: Program Success For All Model yang Jelas dan Kuat Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, H.G. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Laela Safitri, Aji Heru Muslim, Santhy Hawanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.