MUTU PELAYANAN KESEHATAN PADA UNIT GAWAT DARURAT (UGD) PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DTP RAJAGALUH KECAMATAN RAJAGALUHKABUPATEN MAJALENGKA

Sutadji Suryo P.

Abstract


Salah satu bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Pemerintah adalah pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat. Reformasi dibidang pelayanan kesehatan ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan menjadikannya lebih efektif serta dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Adapun proses pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan berkaitan dengan ketersediaan sarana kesehatan.

Penelitian ini dilaksanakan pada Unit Gawat darurat (UGD) Pusat Kesehatan Masyarakat ( PUSKESMAS ) DTP Rajagaluh Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Tujuan penyusun yaitu untuk mengetahui mutu / kualitas pelayanan kesehatan pada Unit Gawat Darurat (UGD) Pusat Kesehatan Masyarakat ( PUSKESMAS ) Rajagaluh.

Penelitian ini menggunakan pendekaan deskriftif kualitatif, peneliti akan dapat menggambarkan atau mendeskrifsikan gambaran atau fenomena – fenomena yang ada secara aktual serta mengembangkan konsep dari menghimpun fakta tetapi tidak melakukan pengujian hipotesa. Tehnik pengambilan sampel yaitu dengan Purosive Sampling dan Snow Ball sampling, tehnik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi.

Hasil dari penelitian yang bersumber pada 9 informan dan fenomena yang ada secara aktual serta mengacu pada indikator penilaian mutu pelayanan, yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung  menunjukan bahwa mutu atau kualitas pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) DTP Rajagaluh Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka masih belum memenuhi mutu pelayanan, terlihat dari hasil wawancara sebagian besar pasien masih belum puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas kesehatan.


Full Text:

docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.