PENGEMBANGAN MODEL CLIOSFER DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

Yuyun Dwi Haryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
IPS.Peningkatan hasil belajar siswa dilakukan melalui pengembangan perangkat
pembelajaran terdiri dari Silabus, RPP, Bahan Ajar, Lembar Kerja Siswa, Media
Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Tes Hasil Belajar. Penelitian ini termasuk
penelitian pengembangan.Prosedur penelitian menggunakan model Bord and Gall. Uji
coba produk menggunakan pretest-posttest control grup design. Subjek penelitian adalah
siswa kelas V SDN 1 Wanadadi sebanyak 37 orang.Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan angket.Analisis data meliputi analisis
deskriptif kualitatif, uji normalitas, uji homogenitas, analisis ketuntasan klasikal,
Independent Sample Test, dan Normalized-Gain.Hasil Penelitian menunjukkan rata-rata
nilai validator untuk perangkat pembelajaran sangat valid. Respons guru dan siswa sangat
baik dalam pembelajaran model Cliosfer. Hasil pengamatan keterlaksanaan model dalam
pembelajaran sudah dilakukan guru sesuai sintaks model Cliosfer. Ketuntasan belajar
klasikal kelas eksperimen 100% sedangkan kelas kontrol 68%.Pengaruh model Cliosfer
sangat tinggi terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian model Cliosfer
valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, model cliosfer, pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.