METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN INTEGRAL PADA MATA KULIAH KALKULUS II

Tantri Wahyuni

Abstract


Kalkulus merupakan salah satu matakuliah yang mempunyai peranan yang penting dalam menyelesaikan masalah teknik. Oleh karena itu, mahasiswa Teknik Universitas Majalengka perlu menguasai kalkulus khususnya integral tentu sebagai bekal untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan bidang keteknikan. Namun demikian, kenyataan menunjukkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep integral serta menggunakannnya dalam memecahkan masalah masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah diterapkannya model pembelajaran Scaffolding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pemahaman mahasiswa tentang integral. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi teknik informatika semester II tahun akademik 2015/2016 Universitas Majalengka. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan memecahkan masalah, lembar pengamatan aktivitas dosen, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, dan angket respon mahasiswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Kata Kunci: Scaffolding, Integral, PTK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Cetak : 2528-3820

Copyright © 2016 Fakultas Teknik Universitas Majalengka. All Right Reserved.