PENGEMBANGAN PRODUK DAGING SAPI UNTUK OPTIMALISASI OMZET PENJUALAN PADA PD. CAROLE JAYA DI PASAR CIGASONG KABUPATEN MAJALENGKA

Lia Milana

Abstract


Industri perdagangan daging sapi di Indonesia semakin berkembang, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya menyebabkan timbulnya persaingan yang ketat, maka dari itu setiap perusahaan dagang dituntut untuk kreatif dalam menghadapi persaingan dunia usaha dalam rangka memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Salah satu caranya adalah melalui pengembangan produk yaitu perbaikan penyempurnaan, atau menghasilkan produk baru yang berbeda dalam usaha meningkatkan hasil penjualan. Pengembangan produk merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya atau setidaknya dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Upaya pengembangan produk dan mengelola produk yang sudah ada untuk menghadapi keadaan yang berubah-ubah merupakan hal yang penting bagi keberhasilan suatu perusahaan. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada PD. Carole Jaya dengan judul penelitian PENGEMBANGAN PRODUK DAGING SAPI UNTUK OPTIMALISASI OMZET PENJUALAN PADA PD. CAROLE JAYA PASAR CIGASONG KABUPATEN MAJALENGKA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan pengembangan produk daging sapi dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pengembangan produk daging sapi dalam mengoptimalkan omzet penjualan pada PD. Carole Jaya. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi, pengumpulan data dari sumber tertulis dan studi kepustakaan sebagai landasan teori. Berdasarkan penelitan yang dilakukan peneliti melakukan analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan metode deskriptif. Dari hasil koefisien determinasi diperoleh bahwa kontribusi pengembangan produk daging sapi terhadap omzet penjualan sebesar 13%, sisanya sebesar 87% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur seperti penetapan harga dan distribusi dan yang lainnya yang dilakukan oleh perusahaan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 10,983, dan ttabel = 2.110 yang berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel artinya terdapat hubungan yang kuat dan searah dalam mempengaruhi pengembangan produk terhadap volume penjualan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti memiliki kesimpulan bahwa pengembangan produk dapat berpengaruh positif terhadap omzet penjualan apabila pelaksanaan pengembangan produk tersebut dilaksanakan dengan baik.

Keywords : Pengembangan produk, Optimalisasi, Omzet Penjualan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Cetak : 2528-3820

Copyright © 2016 Fakultas Teknik Universitas Majalengka. All Right Reserved.