IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WRITE AROUND DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARATIF SISWA FASE E SMA NEGERI 3 PARIAMAN

Ricci Gemarni Tatalia, Indriani Nisja, Trisna Helda

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menulis teks, khususnya teks naratif. Siswa sulit mengembangkan ide, gagasan, kreativitas dalam menulis teks teks naratif begitu juga dengan mengalihwahanakan teks yang ada ke bentuk naratif. Salah satu model pembelajaran yang membantu siswa dalam pembelajaran menulis adalah write around. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran write around dalam pembelajaran menulis teks naratif siswa fase E SMA Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa fase XE.1 SMA Negeri 3 Pariaman yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan aktivitas siswa di kelas dalam pembelajaran menulis teks naratif dan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat, siswa antusias, dan siswa bisa mengungkapkan kembali pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Kedua, berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia, diketahui bahwa model pembelajaran write around efektif digunakan untuk menulis teks naratif. Hal itu berdasarkan hasil belajar yang menunjukkan rata-rata nilai 76, 38 yang berada pada kualifikasi baik.

 

Kata kunci: implementasi, model pembelajaran write around, teks naratif

 

This research is motivated by students' ability to write texts, especially narrative texts. Students find it difficult to develop ideas, ideas, creativity in writing narrative texts as well as translating existing texts into narrative form. One of the learning models that help students in learning to write is write around. Therefore, this study aims to describe the implementation of the write around learning model in learning to write narrative texts for phase E students of SMA Negeri 3 Pariaman. This type of research is qualitative research with descriptive research design. The instruments in this research are observation sheets and interview guidelines. The source of data in this research is phase XE.1 students of SMA Negeri 3 Pariaman, totaling 36 students. The data of this study are the results of observations of student activities in the classroom in learning to write narrative texts and the results of interviews with Indonesian language teachers. The results showed that first, students' activities in learning increased, students were enthusiastic, and students could express their understanding of the material taught. Second, based on the results of interviews with Indonesian language teachers, it is known that the write around learning model is effectively used to write narrative text. It was based on the learning outcomes that showed an average score of 76, 38 which was in the good qualification.

 

Keywords: implementation, write around learning model, narrative text

 

Full Text:

PDF (54-59)

References


Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., & Muin, Abdul, D. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Literasi Nusantara Malang.

Kusumastuti, N., & Nurhidayati, I. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Public Places Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around di Mim Bendungan Tahun Ajaran. 7(3), 1222–1233.

Marjuki. (2020). Model Pembelajaran paikem Berbasis Pendekatan Saintek. Remaja Rosdakarya.

Solihin, A. M., Nurmahanani, I., & Iskandar, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Write Around Berbantuan Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Menulis Cerita Dongeng. As-Sabiqun, 5(4), 1130–1142. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i4.3659

Warsono, & Hariyanto. (2017). Pembelajaran Aktif, Teori dan Asesmen. PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/diglosia.v8i1.5598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.