Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Radec Di Kelas V

Fitri Meilona, Risda Amini

Abstract


Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan pada tanggal 14-16 November 2022 di SDN 14 Tanjung Barulak, peneliti menemukan beberapa permasalahan baik dalam segi  guru maupun peserta didik. Berangkat dari hal di atas, maka perlu diterapkan suatu model pembelajaran inovatif guna mencapai hasil pembelajaran yang efektif. Salah satu model yang dapat diaplikasikan adalah model RADEC (Read, Answer Discuss, Ekplain, And Create). Metode penelitian yang digunakan pada adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus di kelas V SDN 14 Tanjung Barulak. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Secara umum tampak ada peningkatan hasil belajar peserta didik dari awal siklus I sampai siklus II, ini membuktikan bahwa dengan model PBL dapat meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik . Pada data awal, Penilaian RPP pada siklus I diperoleh rata-rata 81,5% Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 73,93. Sedangkan hasil pengamatan penilaian RPP pada siklus II meningkat dari siklus sebelumnya, diperoleh persentase nilai rata-rata 94% .Rekapitulasi nilai rata-rata dari aspek pengetahuan juga  mengalami peningkatan menjadi 87,14). Begitupun dengan penilaian keterampilan meningkat menjadi 85,71). Maka pada siklus II diperoleh rata-rata yaitu  86,43.


Keywords


Radec, Hasil Belajar

Full Text:

233-241

References


Basrowi dan Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta

Dadang Setiawan dan Wahyu Sopandi. (2019). “Kemampuan menulis teks eksplanasi melalui model read , answer, discuss, explain, dan create.” Pendas : Jurnal ilmiah pendidikan dasar IV (1): 5–8.

Kaharuddin dan Hajeniati. (2020). Pembelajaran Inovatif Dan Variatif. Gowa : Pustaka Almaida

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas I. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maryani, Neneng, dan Karin Nurseptiani. (2019). “Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Dengan Membandingkan Model Pembelajaran RADEC Dan Model Pembelajaran Konvensional.” MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2 (2): 13–19. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i2.127.

“Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Penıngkatan Kemampuan Berpıkır Krıtıs Sıswa | Jurnal Cakrawala Pendas.” t.t. Diakses 6 Juni 2023. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1915.

Pohan, Anugerah Agung, Yunus Abidin, dan Andoyo Sastromiharjo. 2020. “Model Pembelajaran Radec Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Sıswa.” Seminar Internasional Riksa Bahasa, 250–58.

Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). Model Pembelajaran Radec (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): Pentingnya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Konteks Keindonesiaan. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 1-8.

Rahmia Tuljannah dan Risda Amini. (2021). “Model pembelajaran RADEC sebagai alternatif dalam meningkatkan Higher Order Thingking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (6): 5508–19.

Rahmia Tulljanah, R. A. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519.

Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi dan penguasaan konsep siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran RADEC. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 130-140.

Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, and Create. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 1-16.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Mohamad Syarif. (2015). Startegi Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Trianto. (2012). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher

Wahyu Sopandi, dkk. (2021). Model Pembelajaran RADEC: Teori & Implementasi di Sekolah. 1. Jawa Barat: UPI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitri Meilona, Risda Amini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: