Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas IV Ditinjau Dari Kecenderungan Gaya Belajar

Deri Jumatalani

Abstract


Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan koneksi matematis dalam pembelajaran disekolah dan keingintahuan penulis untuk melihat seberapa besar peranan kemampuan koneksi dalam pembelajaran disekolah khususnya pembelajaran matematika. serta terdapat berberapa fakta rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa. artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematika dalam pembelajaran matematika dan penjelasan mengenai kemampuan koneksi matematika yang ditinjau dari gaya belajar siswa seperti gaya belajar visual,auditori dan kinestetik. Kemampuan koneksi matematis di tinjau dari gaya belajar  siswa indikator yang tidak terpenuhi adalah menerapkan matematika dalam bidang lain atau dalam kehidupan sehari-hari, memahami representasi ekuivalen suatu konsep atau prosedur matematis, mencari hubungan berbagai representasi konsep, proses, atau prosedur matematis, mencari hubungan satu prosedur dengan prosedur lain dalam representasi yang ekuivalen dalam artikel ini disajikan mengenai pengertian keampuan koneksi matematis, pengertian gaya belajar dan teori-teori dari pendapat beberapa ahli. Artikel ini adalah penelitian menggunakan penelitian deskriptif. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara.  Hasil penelitian ini bahwa kecenderungan gaya belajar sangat memengaruhi untuk mengukur kemampuan koneksi matematis di sekolah dasar.

Keywords


matematika; koneksi matematis; gaya belajar.

Full Text:

252-262

References


Abdussakir, A. (2012). Belajar matematika dengan hati. 1–23.

Danaryanti, A., & Noviani, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 204–212. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.648

Galang surya, G. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a

Hana, agnes T., & Sulistyorini, Y. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. 158–168. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i2.550

Haryati, T., Nindiasari, H., & Sudiana, R. (2017). Analisis Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 146–158. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2039

Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy Journal, 5(2), 226–235. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/396

Kiswanto, A., 1, K., Nelliarti, D., Sdn, ), Singkarak, J. S., Durian, J., Tampunik, K., Singkarak, K., & Solok, I. . (2019). Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa Sekolah Dasar melalui model Project Based Learning. Pros.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v6i1.4936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Deri Jumatalani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal has been indexed by: