Kolaborasi Intensif Prodi Ekonomi Syariah UNMA bersama Ekonomi Perbankan Islam Wiralodra

Majalengka, 19/01/23.

Pengembangan Ilmu EMBA di zaman Milinium tidak bisa sendirian apalagi dengan pesatnya Ilmu Ekonomi Syariah yang menjadi prioritas pemerintah sekarang ini sehingga Ilmu EMBA harus dapat menyentuh bagaimana Ilmu Ekonomi Syariah.

Hal yang dilakukan Prodi Ekonomi Syariah UNMA dengan Prodi Ekonomi Perbankan Islam Wiralodra mengimplementasikan kolaborasi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui penandatanganan MoA yang di lakukan tanggal 05/01/23 beberapa minggu lalu bertujuan untuk meningkatkan model pengajaran jangka panjang dalam menghadapi kaum Milenial.

Ilmu EMBA sekang ini sudah sangat maju dan berkembang pesat, peluang ekonomi Syariah menjadi imam pembangunan ekonomi masyarakat sangatlah nyata, hal ini ditandai dengan kuatnya respon pemerintah melalui penyatuan bank syariah jebolan bank BUMN menjadi BSI (Bank Syariah Indonesia).

Melalui BSI dan dorongan lain seperti terbitnya UU Produk Hallal menujukan bahwa industri keuangan syariah sangat berpengaruh dan diperhitungkan dunia. Bahkan Indonesia mendorong dunia untuk lebih aktif dan bertransaksi keuangan syariah di kancah gelobal.

Melalui Perguruan Tinggi yang berbasis pada pengembangan program studi, ekonomi Syariah menjadi ilmu dan sekaligus imam bagi masyarakat dalam melakukan dan mendapatkan pemahaman ekonomi Syariah yang menyeluruh.

Tentu kolaborasi menjadi hal yang ideal, literasi keuangan syariah tidak bisa dilakukan sendiri, kita tidak bisa mempercayakan kepada industri keuangan berbasiskan Perbankan saja, tetapi kalangan akademisi akan menjadi tolak ukur dalam perkembangannya.

MoA yang dilakukan Prodi ekonomi Syariah UNMA dengan Prodi EPI Wiralodra memberikan harapan baru untuk terwujudnya industri keuangan yang adil, stabil dan barokah sehingga ilmu EMBA menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat ke depan. Wallahualam.

 kontributor : ENCU M SYAMSUL (DOSEN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.