MULTIPERAN SEORANG IBU (Dalam memperingati Hari Ibu 22 Desember 2022)

Oleh: Dr Sri Ayu Andayani.,MP (Dosen Universitas Majalengka)

Ibu merupakan perempuan yang telah melahirkan berbagai sumber kehidupan, melalui perjuangannya seorang ibu dapat melahirkan generasi penerus yang dapat melanjutkan bumi kehidupan. Seorang ibu begitu terlihat kuat, cerdas dan ikhlas dalam menapaki arah kehidupan. Begitu hebatnya seorang ibu yang menjalani arus kehidupan selama 24 jam, seminggu, sebulan, setahun bahkan bertahun tahun berperan sebagai seorang ibu dalam mengurusi keluarga tanpa ada harap libur panjang. 

Demikian hebatnya sang kaum ibu maka dapat diidentifikasikan berbagai peran ibu dalam kehidupan ini terutama di abad sekarang. Beberapa diantara peran ibu yaitu: (1) seorang Ibu Rumah Tangga, bagaimana seorang ibu menjalankan tugasnya sehari-hari yang begitu multi peran. Mulai bangun pagi, seorang ibu akan sigap menyiapkan sarapan untuk suami dan anak tercinta. Sang ibu lanjut sebagai driver untuk mengantar para anaknya. Dengan telaten seorang ibu membenahi rumah, membersihkan, dan melakukan  berbagai aktivitas sebagai seorang ibu rumah tangga sampai tidak terasa waktu menunjukan sudah menjelang sore hingga larut malam sang waktu mendampingi ibu melakukan aktivitas multi perannya, (2 ) seorang perawat atau dokter keluarga, bagaimana seorang ibu dapat berjuang melakukan yang terbaik untuk anggota keluarganya, dengan penuh perhatian selalu memberikan nutrisi yang dibutuhkan orang-orang tercintanya dan penuh keikhlasan merawat dan mengobati secara telaten jika anggota keluarganya ada yang sakit. Bagaikan seorang perawat atau pun dokter sang ibu dengan sigapnya memberikan pertolongan pertama dan terakhir sampai terlihat sehat kembali orang terkasihnya, entah itu melihat di google atau mendengar kata orang tips menjaga, merawat dan mengobatinya. Terlepas dari itu semua jelas terlihat peran ibu yang besar dalam merawat dan menjaga kondisi kesehatan keluarga, (3) seorang pendidik, bagaimana seorang ibu berperan dalam mendidik sang buah hati dalam menuju kehidupan nyata yang penuh perjuangan dengan mengajarkan hal-hal baik dan positif, bagaimana seorang ibu mengajarkan bagaimana menjadi seorang manusia dan makhluk social yang baik.bukan hanya mendidik dalam menuju kehidupan yang baik, (4) seorang konselor atau psikolog, bagaimana seorang ibu dengan kejelian dapat melihat berbagai karakter sang buah hatinya, dengan telaten melakukan pendampingan jika ada anak yang menyimpang, sehingga sang ibu terus mendampingi anak dalam pertumbuhan menjadi manusia utuh, sehat, dan baik dalam menuju kebergunaannya di masa depan.

Seorang ibu dapat berperan pula sebagai (5) designer, bagaimana seorang ibu selalu menjadi designer bagi suami dan anak-anaknya dalam memilih dan memperhatikan mengenakan pakaian untuk kerja, sekolah, di rumah bahkan jika akan menghadiri acara resmi dan lain sebagainya, (6) seorang akuntan atau manajer keuangan dalam keluarga, bagaimana seorang ibu dengan cermat dan mahir dalam mengatur keuangan keluarga, membagi-bagi untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan. Pemasukan dan pengeluaran keluarga diatur dengan perencanaan yang baik dan tepat sehingga kesehatan finansial dapat dilakukan dengan tepat, (7) seorang teman, sahabat, bagaimana seorang ibu selalu mendengarkan berbagai keluh kesah anggota keluarga dengan baik dan penuh keikhlasan serta kasih saying sehingga akan memberikan kesejukan bagi yang mencurahkan segala bentuk curahan hati laksana sebagai seorang teman atau sahabat, (8) seorang wanita karier yang sukses, dibalik suksesnya mengemban sebagai seorang ibu dengan multi perannya, ada juga seorang ibu sukses menjadi wanita karier, inilah hebatnya perempuan. Di sela-sela mengurusi keluarga, perempuan dapat membagi waktu sebagai seorang yang berkarier apapun dengan tepatnya dapat mengatur waktu dan melakukan komuikasi yang baik dengan para anggota keluarganya. Pola hidup, pola waktu, pola finansial dapat dilakukan dengan baik oleh para perempuan, (9) seorang guru atau dosen, bagimana dengan telatennya seorang ibu menjadi seorang guru atau dosen dalam membantu mengajarkan anggota keluarga dalam menyelesaikan pekerjaan rumah pelajaran di sekolah. Dengan perkembangan zaman di abad ini, seorang ibu terus dapat menyesuaikan apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini yang tidak akan bisa lepas dari kehidupan sang buah hati. Seorang ibu dengan penuh telaten dan kasih sayang terus mendampingi mengikuti perkembangannya.

Banyaknya peran ibu menunjukkan seorang ibu sebagai seorang yang “Superhero” dalam kehidupan. Masih banyak peran ibu yang tidak dapat disebutkan disini, tetapi dapat disimpulkan bagaimana multiperannya seorang ibu di abad ini yang sampai kapan pun terus akan dilakukan oleh seorang ibu dalam mendaampingi kehidupan selama bumi ini masih ada. Semoga semua ibu selalu diberi kesehatan dan umur panjang serta keberkahan.

Selamat Hari Ibu untuk para Ibu yang luar biasa.

 kontributor : TEGAR FAJAR PRASETYA (SPKP2MB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.