Praktisi hadirkan warna pembelajaran

Dua model kolaborasi dalam mata kuliah memberi warna tersendiri pada model pembelajaran. Menarik dan tumbuhkan rasa penasaran bagi mahasiswa jadi penyemangat dalam mengikuti perkuliahan.

Sebutannya praktisi mengajar, definisinya adalah mereka yang telah bergelut di dunia pekerjaan dapat berbagai pengalaman sekaligus pengetahuannya dihadapan mahasiswa, warna berbeda pasti dirasakannya karena itulah praktisi mengajar. 

Dunia mengajar memang bukan hanya milik guru atau dosen melainkan semua orang dapat menjadi pengajar. Memang manusia dilahirkan untuk menjadi guru dan sekaligus pengajar, aktivitas itu bisa buat dirinya, keluarganya dan masyarakat umum. 

Praktisi mengajar jadi warna baru di dunia akademik. Konsep intergrasi ilmu dan kolaborasi jadi dasar pelaksanaan, selain aturan main lainnya maka kolaborasi mutlak adanya. 

Konsepsi materi jadi bagian wilayah akademik tapi konsepsi perencanaan dan implementasi jadi wilayah praktisi, dua sifat harus di satukan dalam menyambut tantangan zaman. Dan kolaborasi itu harus diwujudkan. 

 

 kontributor : ENCU M SYAMSUL (DOSEN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.